CARA MENGHITUNG KAPASITAS  AC

 

 

Kadang kita bingung, untuk menentukan kapasitas suatu AC, di brosur atau di BQ suatu pekerjaan tentang AC, kadang ada 2 macam informasi yang berbeda. Kita sering menemukan  kapasitas AC disebut dengan BTU/H dan  juga dengan satuan PK.
BTU/hours atau  BTU per jam atau disingkat BTU/H.  BTU/H singkatan dari British thermal unit per hour, satuan daya pendinginan AC yang berasal dari Inggris. 
PK (Paard Krcht) atau HP (horse power) yang berarti satuan tenaga kuda, yang dipergunakan dalam sistem AC merujuk pada daya kompressor AC, 
Jadi sebenarnya PK bukan menunjukan kapasitas pendinginan AC. Untuk daya pendinginan AC satuannya adalah BTU/h.


Konversi PK ke BTU/H
Untuk mempermudah  hubungan antara BTU/H dan PK, berikut adalah konversi dari sistem daya AC tersebut:  

½ pk    setara dengan      5.000 BTU/hr

¾ pk    setara dengan      7.000 Btu/hr

1 pk     setara dengan      9.000 btu/hr

1 ½ pk setara dengan    12.000 btu/hr

2 pk     setara dengan    18 000 btu/hr

2 ½ pk setara dengan    24 000 btu/hr

3 pk    setara dengan     28.000 btu/hr

Cara Menghitung Kapasitas AC dengan Cepat
Ketika kita mau merencanakan memasang AC untuk di rumah, kadang kita kebingungan menentukan kapasitas AC. Berapa kapasitas AC yang diperlukan untuk ukuran tertentu.
Ada salah satu cara sederhana  dan cepat untuk menghitung besarnya kapasitas AC  yang dibutuhkan untuk mengkondisikan suatu ruangan. Kita harus tahu rumus sederhana 1 m2 suatu ruangan kira-kira sama dengan 600 BTU/H.
Jadi hanya dengan menghitung luasan dari ruangan yang akan dipasang AC, kemudian dikalikan dengan 550 BTU/H.
Contoh: Kamar kita ukuran 3 m x 4 m = 12 m2, jadi kapasitas AC yang dibutuhkan adalah 12x 550 BTUH = 6600 BTU/H
jadi jika dikonversikan pada satuan PK, maka kebutuhan AC pada kamar tersebut adalah 6600 BTU/H setara dengan  3/4 PK .( Dibulatkan ke atas / kapasitas yang lebih tinggi ).
Dengan demikian yang harus diperhatikan, bahwa kapasitas AC harus lebih besar dari panas ruangan yang akan dipasang AC. Jadi dari perhitungan untuk ruangan dengan luas 3x4 adalah 6600 BTU/H, berarti kapasitas AC yang dibutuhkan di ruangan tersebut adalah 7000 btu/hr atau setara dengan ¾ pk.